Analisis Media Daring Instagram dan Facebook

Rabu, 26 Februari 2025 14:39 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content
Interaksi Dinamis
Iklan

***

analisis sederhana mengenai dua media sosial favorit, Instagram dan Facebook, dalam berbagai aspek:

1. Pengguna dan Demografi 

Instagram : Mayoritas pengguna adalah generasi muda Milenial dan gen Z dengan dominasi usia 18-35 tahun populer dikalangan kreator, influencer dan bisnis yang mengandalkan visual.

Facebook: Memiliki basis pengguna yang lebih luas dan beragam, termasuk orang dewasa dan lansia. Banyak digunakan untuk komunitas, bisnis, dan komunikasi keluarga.

2. Jenis konten

Instagram : berfokus pada konten visual seperti foto video pendek (reels) dan stories. Algoritma lebih mendukung interaksi tinggi pada  konten kreatif.

Facebook : Lebih fleksibel dengan post teks, foto, video panjang, artikel, dan grup komunitas. Berfungsi sebagai platform diskusi dan berbagi informasi.

3. Kelebihan & Kelemahan antara Instagram dan Facebook 

Kelebihan Instagram: tampilan visualnya menarik cocok untuk brand dan influecer kelemahannya : algoritma sering berubah 

Kelebihan Facebook: jangkauan luas, banyak fitur komunikasi (grup, marketplace). Kelemahannya : Cenderung lebih lambat 

Instagram lebih cocok untuk brand, influencer, fashion, makanan dan travel sedangkan Facebook unggul dalam hal komunitas, bisnis, dan pemasaran berbasis diskusi

Kedua platform bisa saling melengkapi tergantung tujuan penggunaannya mana yang lebih sering mamu pakai?

*) Tugas mata kuliah Komunikasi Digital dengan dosen pengampu Rachma Tri Widuri, S.Sos.,M.Si.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Dimas Adi Prastia Tanjung

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Data Never Sleeps

Rabu, 24 September 2025 10:38 WIB
img-content

Ikhtiar TVOne Menghadapai Disrupsi Teknologi

Senin, 17 Maret 2025 09:07 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler